RPP Statistik kelas XI IPA SMA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : SMAN 2 Tilatang Kamang
Kelas : XI
Semester : 1 (SATU)
Program Keahlian : IPA
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Jumlah Pertemuan : 2 kali pertemuan

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar

Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah

1.1 Membaca data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive
1.2 Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive serta penafsirannya

Indikator Pencapaian Kompetensi Tujuan Pembelajaran
Membaca sajian data dalam bentuk diagram garis, diagram lingkaran dan diagram batang Siswa dapat membaca sajian data dalam bentuk diagram garis , diagram lingkaran dan diagram batang
Mengidentifikasi nilai suatu data yang ditampilkan pada tabel dan diagram Siswa dapat menngidentifikasi tentang data-data disekitar sekolah
Siswa dapat mengidentifikasi data-data yang dinyatakan dalam berbagai model
Siswa dapat mengelompokkan berbagai macam diagram dan tabel
Menyajikan data dalam bentuk diagram batang, garis, lingkaran dan ogive serta penafsirannya Siswa dapat menyajikan data yang diberikan kedalam bentuk diagram batang, garis, dan ogive serta penafsirannya
Menafsirkan data dalam bentuk diagram batang, garis, lingkaran dan ogive Siswa dapat menafsirkan data yang disajikan dalam bentuk diagram batang, garis, lingkaran dan ogive

Materi Ajar : Fakta:
1. Statistik adalah kumpulan informasi atau keterangan yang berupa angka-angka yang disusun, ditabulasi dan dikelompok-kelompokkan sehingga dapat memberikan informasi yang berarti mengenai suatu masalah atau gejala
Statistika merupakan salah satu cabang matematika yang mempelajari
 Cara pengumpulan data, pengolahan data dan penyajian data dengan sistematis, agar data-data itu dapat dipahami dengan jelas
 Menganalisis dan menafsirkan data-data agar dapat digunakan untuk pengambilan keputusan, perencanaan dan kesimpulan dengan tepat dari sifat-sifat data tersebut
2. Populasi adalah keseluruhan objek yang akan diteliti
Sampel adalah sebagian atau keseluruhan populasi yang dianggap mewakili populasinya.
3. Datum adalah keterangan yang diperoleh dari hasil pengamatan atau penelitian berupa angka.
Data adalah kumpulan dari datum datum
4. Data kuantitatif data berupa bilangan (data diskrit/cacahan/hitungan misalnya jumlah anak dalam sebuah keluarga, data kontinu/ukuran misalnya luas tanah dan tinggi badan)
5. Statistika diskriptif adalah bagian dari statistika yang mempelajari cara mengumpulkan, mengolah dan menyajikan data dalam bentuk diagram atau kurva
Statistika inferensia adalah bagian dari statistika yang mempelajari cara-cara untuk menarik kesimpulan dan membuat ramalan

Konsep:
Penyajian data dalam bentuk diagram garis, diagram lingkaran dan diagram batang
Diagram garis

Diagram batang

Diagram lingkaran

Prosedur:
1. Mengamati dan mengidentifikasi tentang data-data disekitar sekolah
2. Mengidentifikasi data-data yang dinyatakan dalam berbagai model
3. Mengelompokkan berbagai macam diagram dan tabel
4. Menyimak konsep tentang penyajian data
5. Menyajikan data yang diberikan kedalam diagram batang, garis, lingkaran dan ogive serta memberikan penafsiran

Alokasi Waktu :
BEBAN BELAJAR WAKTU BENTUK KEGIATAN/TUGAS
TM 2x 45’ Soal latihan
PT 45’ Tugas individu
KMTT 1 minggu Tugas kelompok
(diisi dengan Beban Belajar; Tatap Muka, Penugasan Terstruktur, Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur, tulis jumlah waktu dan bentuk penugasan yang diberikan)

Metode Pembelajaran : metode pembelajaran kelompok dengan STAD
(diisi dengan metode yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi peserta didik, serta karakteristik dari setiap indikator dan kompetensi yang hendak dicapai pada setiap mata pelajaran)

Kegiatan Pembelajaran :

KEGIATAN WAKTU PERALATAN PENDUKUNG KETERANGAN
A. Pendahuluan
1. Bertanya jawab tentang pengetahuan siswa tentang data 15 Chart/laptop
2. Memotivasi siswa dengan menyampaikan tujuan dan kaitan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari 15

B. Inti
1. Ekplorasi:
Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas tentang materi statistik penyajian data
Menggunakan pembelajaran kooperatif STAD dan penggunaan media ajar yang berfariasi dalam pembelajaran 15
2. Elaborasi
Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif STAD
Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berfikir, dan mendiskripsikan data dan bertindak tanpa rasa takut
45
3. Konfirmasi
Memberikan umpan balik positif dan pennguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik memberikan informasi
Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang dilakukan dan untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi 30
C. Penutup 15
1. Menyimpulkan konsep yang di temukan
2. Merefleksi apa yang telah dilakukan dan manfaatnya dalam kehidupan
3. Mengambil hikmah dari kegiatan yang dilakukan
4. Memberi tugas lanjutan

Penilaian Hasil Belajar : Soal:
1. Amati data disekitar sekolah dalam bentuk apa data disajikan
2. Berilah satu contoh penyajian data disekolah identifikasi tentang data-data tersebut
3. Banyak mahasiswa yang berasal dari SMA Kamang Magek yang diterima di Perguruan Tinggi Negri adalah sebagai berikut

Negara tujuan Banyak mahasiswa
Unand (U) 56
ITB (T) 16
IPB (P) 20
UGM (G) 15
UI (J) 18

Buatlah diagram lingkaran, diagram garis dan diagram batang dari data diatas
Penilaian:
Afektif: Pengamatan sikap siswa selama proses pemebelajaran
Kognitif: dari jawaban siswa dinilai dengan menggunakan rubrik holistik

Tingkatan Deskripsi Umum
4
Sangat memuaskan
(Superior) • Memperlihatkan pemahaman menyeluruh mengenai konsepnya
• Menggunakan strategi yang sesuai
• Komputasinya dilakukan dengan benar
• Diagram atau tabel yang digunakanakurat
• Penjelasan tertulisnya cukup jelas
• Langkah-langkah solusi soalnya tepat sesuai kebutuhan soal
3 Memuaskan • Memperlihatkan pemahaman akan konsepnya
• Menggunakan strategi yang tepat
• Komputasinya kebanyakan dilakukan dengan benar
• Diagram atau tabel sebagian besar akurat
• Semua kebutuhan solusi soal disediakan dengan memuaskan
2 cukup
Memuaskan • Memperlihatkan sebagian besar pemahaman terhadap konsepnya
• Boleh jadi bukan strategi yang paling tepat
• Komputasi yang dilakukannya sebagian besar benar
• Penjelasan tertulisnya cukup jelas
• Diagram atau tabel yang digunakan sebagian besar akurat
• Sebagian besar kebutuhan solusi soal disediakan cukup
1 Tidak
Memuaskan • Memperlihatkan sedikit sekali atau tidak memahami konsep
• Strategi yang digunakan tidak sesuai
• Komputasi yang dilakukannya tidak benar
• Penjelasan tertulisnya jelas
• Diagram dan tabel yang dipergunakan tidak akurat
• Kebutuhan solusi soal tidak tersedia secara cukup

Sumber belajar : Data yang ada disekitar siswa (sekolah) buku referensi

Mengetahui Pintu Koto, Juni 2010
Kepala SMAN 1 Kamang Magek Guru Mata Pelajaran Matematika

Willia Zuwerni, S.Pd, M.Si Marni, S.Pd Vivi Febriyanti, S.Pd
NIP : 19711007 199512 2001 NIP: NIP : 19760229 200003 2001

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : SMAN 2 Tilatang Kamang
Kelas : XI
Semester : 1 (SATU)
Program Keahlian : IPA
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Jumlah Pertemuan : 1 kali pertemuan

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar

Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah

1.3 Menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak, dan ukuran penyebaran data, serta penafsirannya

Indikator Pencapaian Kompetensi Tujuan Pembelajaran
Membaca sajian data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram Siswa dapat membaca sajian data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram
Menyajikan data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram Siswa dapat menngidentifikasi tentang data-data disekitar sekolah
Siswa dapat mengidentifikasi data-data yang dinyatakan dalam berbagai model
Siswa dapat menynajikan data dalam tabel distribusi frekuensi dan histogram
Menghitung ukuran pemusatan Siswa dapat menghitung mean/rataan, modus dan median dari data tunggal
Siswa dapat menghitung mean/rataan, modus dan median dari data kelompok

Materi Ajar :
Fakta:
Dari suatu data kuantitatif yang telah dikumpulkan, terdapat beberapa nilai yang disebut ukuran pemusatan atau ukuran tendensi sentral yaitu: mean (rataan), median dan modus. Ukuran letak yaitu statistik lima serangakai ( satatistik ekstrem yaitu nilai maksimum dan nilai minimum, kuartil yaitu kuartil atas, kuartil bawah dan median ). Ukuran penyebaran yaitu Jangkauan , hamparan , simpangan kuartil, simpangan rata-rata, ragam (varians), simpangan baku.
Konsep:
Ukuran pemusatan (ukuran tendensi sentral) untuk data tunggal.
1. Mean (rataan hitung)
Definisi: Mean dari suatu data didefinisikan sebagai jumlah semua nilai datum dibagi dengan banyaknya datum

Jika diberikan data : x1, x2, x3, x4, …, xn maka rataan hitung (mean) didefinisikan ssebagai

atau

2. Median
Definisi: Median adalah suatu nilai yang membagi suatu data yang telah diurutkan dari data terkecil keterbesar menjadi dua bagian sama banyak. Berdasarkan definisi tersebut nilai median adalah:
1. Datum dengan nilai yang ada ditengah (jika ukuran datanya ganjil)
2. Rataan dua nilai datum yang ada ditengahnya (jika ukuran datanya genap)

3. Modus
Definisi: Modus adalah datum yang nilainya paling sering muncul atau datum tang frekuensinya paling besar

Ukuran Letak untuk data tunggal
Jika satu set data statistik disusun berdasarkan urtannya maka dapat ditentukan nilai maksimum dan minimum, nilai tengah ( median) , kuatil atas dan kuartil bawah , dimana kelima hal tersebut disebut dengan statistik lima serangkai
Statistik lima serangkai
Dari suatu data terurut x1, x2, x3, …, xn dapat ditentukan
a. Datum yang nilainya terkecil = xmin = x1 , disebut juga statistik minimum
b. Datum yang nilainya terbesar = xmax = xn , disebut juga statistik maksimum
c. Median = Q2
d. Kuartil pertama = Q1
e. Kuartil ketiga = 
Gabungan dari kelima statistik diatas disebut statistik lima serangkai yang dapat dinyatakan dalam tabel berikut
Q2
Q1 Q3
xmin xmaks
Rataan kuartil dan rataan tiga
Rataan kuartil dari data adalah ½ (Q1 + Q3) dan rataan tiga adalah 1/4 (Q1 +2Q2 +Q3)
Desil
Desil membagi data menjadi 10 bagian yang sama
• Desil pertama (D1) membagi kumpulan data menjadi 1/10 data letaknya kurang dari D1 dan 9/10 data letaknya lebih dari D1.
• Desil kedua (D2) membagi kumpulan data menjadi 2/10 data letaknya kurang dari D2 dan 8/10 data letaknya lebih dari D2.
• Desil kedua (D9) membagi kumpulan data menjadi 9/10 data letaknya kurang dari D9 dan 1/10 data letaknya lebih dari D9.
Desil data tunggal dapat dicari dengan rumus
Letak Di = Data ke (i(n+1)/10)

Ukuran Penyebaran kumpulan data tunggal
Untuk menganaliasis data tidak cukup hanya mengetahui statistik 5 serangkai tapi perlu mengetahui penyebaran data tersebut dengan menggunakan ukuran penyebaran data berikut
Jangkauan (J)
Perhatiakan dua kelompok data berikkut
a. 8, 15, 2, 30, 22
b. 16, 13, 15, 14, 17
Dua kelompok data diatas mempunyai median yang sama 15 tetapi kedua kelompok data itu sangat berbeda. Salah satu perbedaannya terletak pada range atau jangakauan
Jangkauan dari suatu dta disebut range data atau renatangan. Adalah selisih antara datum terbesar dengan datum terkecil
J = x maks – x min
Jangkauan antar kuartil atau hamparan
Adalah selisih antara kuartil atas dan kuartil bawah
H = Q3 – Q 1
Simpangan kuartil
Adalah setengah dari selisih antara kuartil atas dan kuartil bawah
Qd = ½ (Q3 – Q 1)
Simpangan rata-rata

Ragam (Varians)

Simpangan Baku (s)

Prosedur:

Alokasi Waktu :
BEBAN BELAJAR WAKTU BENTUK KEGIATAN/TUGAS
TM
PT
KMTT

Metode Pembelajaran : metode pembelajaran kelompok dengan STAD

Kegiatan Pembelajaran :

KEGIATAN WAKTU PERALATAN PENDUKUNG KETERANGAN
D. Pendahuluan
3. ………………
4. ………………
5. Dst
E. Inti
4. Ekplorasi/elaborasi/konfirmasi
5. ………………
6. Dst.
F. Penutup
5. ……………….
6. ……………….
7. Dst

Penilaian Hasil Belajar :
1. Diketahui data berikut 16, 18, 15, 17, 16, 20, 23, 22, 19, 19, 20, 15, 17, 25, 20 tentukanlah ukuran pemusatan, ukuran letak dan ukuran penyebaran dari data tersebut.
2. Diketahui data jumlah peserta didik dan tingkat pendidikan disebuah daerah sesuai dengan tabel berikut
3. Nilai rataan hitung ulangan matematika dari 40 siswa kelas Xi IPA adalah 80. Jika nilai 10 orang dari kelas itu disisihkan, maka nilai rata-rata hitungnya adalah 81,5. Nilai terendah dari kesepuluh siswa itu adalah 62 dan nilai-nilai mereka memiliki beda yang tetap. Tentukan nilai rataan hitung dari 10 orang siswa itu dan nilai tertiggi yang dipeeroleh siswanya.
4. Nilai rata-rata ujian 40 orang siswa adalah 5,2. Setelah seorang siswa mengikuti ujian susulan, nilai rata-rata menjadi 5,25. Nilai siswa yang mengikuti ujian susulan tersebut adalah?
5. Nilai mean ujian sekelompok siswa yang berjumlah 40 orang adalah 51. Jika seorang siswa yang mendapat nilai 90 dikeluarkan dari kelompok itu, berapa nilai mean dari 39 siswa itu sekarang.

Sumber belajar : _________________________________________________
_________________________________________________

Mengetahui Pintu Koto, Juni 2010
Kepala SMAN 1 Kamang Magek Guru Mata Pelajaran Matematika

Willia Zuwerni, S.Pd, M.Si Vivi Febriyanti, S.Pd
NIP : 19711007 199512 2001 NIP : 19760229 200003 2001

Guru Mata Pelajaran Matematika

Marni, S.Pd
NIP :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : SMAN 2 Tilatang Kamang
Kelas : XI
Semester : 1 (SATU)
Program Keahlian : IPA
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Jumlah Pertemuan : 1 kali pertemuan

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar

Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah

1.4 Menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak, dan ukuran penyebaran data, sserta penafsirannya

Indikator Pencapaian Kompetensi Tujuan Pembelajaran
Membaca sajian data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram Siswa dapat membaca sajian data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram
Menyajikan data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram Siswa dapat menngidentifikasi tentang data-data disekitar sekolah
Siswa dapat mengidentifikasi data-data yang dinyatakan dalam berbagai model
Siswa dapat menynajikan data dalam tabel distribusi frekuensi dan histogram
Menghitung ukuran pemusatan Siswa dapat menghitung mean/rataan, modus dan median dari data tunggal
Siswa dapat menghitung mean/rataan, modus dan median dari data kelompok

Materi Ajar :
Fakta:
Daftar distribusi Frekuensi
Pengertian:
Data dapat dibedakan menurut ukurannya menjadi 2 macam yaitu yang berukuran kecil (n <30) dan data yang berukuran besar (n ≥ 30). Untuk data yang berukuran besar pada umumnya disusun dalam suatu daftar distribusi frekuensi
Daftar distribusi frekuensi adalah pengelompokan data dalam suatu daftar atau tabel. Daftra distribusi frekuensi atau daftar sebaran frekuensi dapat dibedakan atas dua macam yaitu daftar distribusi frekuensi tunggal dan daftar distribusi frekuensi berkelompok.
Frekuensi adalah kekerapan atau keseringan munculnya suatu datum yang dilambangkan dengan huruf f.
Konsep:
a. Daftar distribusi frekuensi tunggal
Daftar distribusi tunggal adalah suatu daftar distribusi frekuensi yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat diketahui secara langsung frekuensi setiap datum.
b. Daftar distribusi frekuensi berkelompok
Daftar distribusi frekuensi berkelompok adalah suatu daftar distribusi frekuensi yang disusun sedemikian rupa sehingga data yang berukuran besar disederhanakan dengan mengelompokkannya menurut kelompok-kelompok atau kelas kelas. Kemudian masing-masing kelas dihitung frekuensinya.

Prosedur:
1. Daftar distribusi frekuensi tunggal
Contoh pada pelemparan sebuah dadu sebanyak 30 kali diperoleh data munculnya mata dadu sebagai berikut
2 6 3 3 5 6 4 2 4 3
5 3 2 1 4 1 6 5 3 4
4 6 4 3 2 5 1 1 3 2
Data tersebut dapat disusun dalam distribusi frekuensi tunggal sebagai berikut.
Tabel munculnya mata dadu
Mata dadu (xi ) Tally/turus Frekuensi (fi)
1 IIII 4
2 IIIII 5
3 IIIII II 7
4 IIIII I 6
5 IIII 4
6 IIII 4
Jumlah 30

2. Daftar distribusi frekuensi berkelompok
Langkah langkah dalam penyusunan daftar distribusi frekuensi berkelompok adalah menentukan:
1. Tentukan jangkauan (J) yaitu statistik maksimum dikurangi statistik minimum , J = x maks – x min
2. Tentukan banyak kelas interval: kelompok-kelompok data Untuk menentukan banyak kelas digunakan aturan Sturges yaitu : k = 1 +3,3 log n, dengan n adalah ukuran data. Nilai k dinyatakan dalam bilangan bulat melalui pembulatan
3. Panjang kelas atau lebar kelas(c) yaitu selisih tepi atas dan tepi bawah. C = jangkauan / banyak kelas atau c = j/k
4. Batas kelas yaitu batas atas dan batas bawah. Batas bawah kelas pertama adalah datum terkecil atau bilangan lain yang lebih kecil dari datum terkecil tetapi selisihnya dengan datum terkecil kurang dari panjang kelas.Berdasarkan panjang kelas tentukan kelas-kelasnya sehingga seluruh nilai data dapat tercakup didalam nya.
5. Tepi kelas yaitu tepi bawah dan tepi atas. Tepi kelas adalah bats nyata kelas. Untuk data yang diperoleh dari hasi pengukuran dengan ketelitian sampai satuan terdekat maka tepi bawah = batas bawah – 0,5, tepi atas = batas atas + 0,5
6. Titik tengah kelas yaitu nilai yang terdapat ditengah-tengah kelas. Titik tengah kelas = ½ (batas bawah + batas atas).
Contoh: diketahui data nilai ulangan harian matematika dari 40 siswa kelas 2 tercatat sebagai berikut
32 78 90 67 64 52 84 78 49 77
45 83 65 69 38 65 49 88 76 84
63 76 54 75 56 64 67 78 90 59
76 89 87 93 84 39 74 83 92 75
Jika data disajikan dengan dsitribusi frekuensi tunggal maka diperoleh daftar yang sangat panjang, maka data tersebut dapat disusun dalam daftar distribusi kelompok .
Langkah langkah dalam penyusunan daftar distribusi frekuensi berkelompok adalah menentukan:
1. Tentukan jangkauan (J) yaitu statistik maksimum dikurangi statistik minimum , J = x maks – x min = 93 – 32 = 61
2. Tentukan banyak kelas interval: kelompok-kelompok data Untuk menentukan banyak kelas digunakan aturan Sturges yaitu : k = 1 +3,3 log n, dengan n adalah ukuran data. Untuk data tersebut k = 1 + 3,3 log40 = 6,29. Dibulatkan menjadi 7 kelas atau 6 kelas
3. Panjang kelas atau lebar kelas(c) yaitu selisih tepi atas dan tepi bawah. C = 61/7 =8,71 panjang kelas 9 atau 8. Panjang kelas atau lebar kelas(c) yaitu selisih tepi atas dan tepi bawah. Pada soal nilai c = 40,5 – 31,5 = 9
4. Batas kelas yaitu batas atas dan batas bawah, kelas 1: 32 – 40 . batas bawah 32 dan batas atas 40
5. Tepi kelas yaitu tepi bawah dan tepi atas. Tepi kelas adalah bats nyata kelas. Untuk data yang diperoleh dari hasi penngukuran dengan ketelitian sampai satuan terdekat maka tepi bawah = batas bawah – 0,5, tepi atas = batas atas + 0,5. Pada kelas 1 maka tepi kelasnya adalah 31,5 – 40,5
6. Titik tengah kelas yaitu nilai yang terdapat ditengah-tengah kelas. Titik tengah kelas = ½ (batas bawah + batas atas). Pada soal titik tengah = ½ (32+40) =36.

Data diatas secara lengkap dapat disajikan dalam tabel distribusi frekuensi berikut
Kelompok nilai Titik tengah frekuensi
32 – 40 36 3
41- 49 45 3
50 – 58 54 3
59 – 67 63 8
68 – 76 72 7
77- 85 81 9
86 – 94 90 7
Jumlah 40

Frekuensi relatif dan frekuansi komulatif
1. Distribusi frekuensi relatif adalah distribusi frekuensi yang frekuensi relatif masing-masing kelasnya dapat diperoleh dengan menyatakan persentase frekuensi kelas tesebut terhadap jumlah seluruh frekuensi , frekuensi relatif kelas ke-i ditulis dengan fri = (fi/n )x 100%.
Dari data diatas maka dapat dibuat tabel distribusi frekuensi relatif sebagai berikut
Nilai Frekuensi Frekuensi relatif
32 – 40 3 (3/40) x 100% =7,5%
41- 49 3 7,5%
50 – 58 3 7,5%
59 – 67 8 20%
68 – 76 7 17,5%
77- 85 9 22,5%
86 – 94 7 17,5%

2. Distribusi frekuensi komulatif adalah distribusi frekuensi yang menyajikan data dengan pengelompokan lebih dari dan kurang dari
Frekuensi komulatif kurang dari adalah jumlah frekuensi semua nilai data yang kurang dari atau sama dengan nilai tepi atas kelas tertentu
nilai Frekuensi Tepi atas Nilai komulatif kurang dari Fk kurang dari
80-88 8 88,5 88,5 8
89-97 10 97,5 97,5 18
98-106 6 106,5 106,5 24
107-115 6 115,5 115,5 30
116-124 12 124,5 124,5 42
125-133 8 133,5 133,5 50

Frekuensi komulatif lebih dari adalah jumlah frekuensi semua nilai data yang lebih dari atau sama dengan nilai tepi bawah kelas tertentu
nilai frekuensi Tepi bawah Nilai komulatif lebih dari Fk lebih dari
80,5-88,5 8 79,5 79,5 50
89-97 10 88,5 88,5 42
98-106 6 97,5 97,5 32
107-115 6 106,5 106,5 26
116-124 12 115,5 115,5 20
125-133 8 124,5 124,5 8

Histogram
Histogram adalah penyajian data yang dikelompokkan menurut distribusi frekuensi yang dinyatakan dengan grafik

Poligon frekuensi
Poligon frekuensi adalah diagram yang dihasilkan bila titik-titik tengah dari tiap kotak dibagian atas pada histogram saling dihubungkan.

Ogiv
Poligon frekuensi komulatif dihaluskan diperoleh suatu kurva yang disebut dengan ogiv
Seperti pada data kurva frekuensi komulatif diatas dapat dibentuk ogiv sebagai berikut

(diisi dengan butir-butir yang memuat Fakta, Konsep, Prisnip dan Prosedur sesuai dengan Indikator pencapaian kompetensi)

Alokasi Waktu :
BEBAN BELAJAR WAKTU BENTUK KEGIATAN/TUGAS
TM
PT
KMTT
(diisi dengan Beban Belajar; Tatap Muka, Penugasan Terstruktur, Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur, tulis jumlah waktu dan bentuk penugasan yang diberikan)

Metode Pembelajaran : metode pembelajaran kelompok dengan STAD
(diisi dengan metode yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi peserta didik, serta karakteristik dari setiap indikator dan kompetensi yang hendak dicapai pada setiap mata pelajaran)

Kegiatan Pembelajaran :

KEGIATAN WAKTU PERALATAN PENDUKUNG KETERANGAN
G. Pendahuluan
6. ………………
7. ………………
8. Dst
H. Inti
7. Ekplorasi/elaborasi/konfirmasi
8. ………………
9. Dst.
I. Penutup
8. ……………….
9. ……………….
10. Dst
(diisi dengan bentuk kegiatan, waktu untuk setiap langkah kegiatan dan peralatan pendukung yang dibutuhkan dalam kegiatan pembelajaran)

Penilaian Hasil Belajar :
Soal ulangan KD 2:
Diketahui data berikut
30 30 31 31 31 31 32 32 32 32
34 34 34 35 36 36 38 38 39 40
41 42 43 44 44 45 45 45 46 46
48 50 50 51 52 53 54 55 56 56
Dari data diatas
a. Buatlah tabel distribusi frekuensi untuk data berkelompok dengan langkah-langkah
b. Buatlah tabel distribusi frekuensi relatif
c. Gambarkanlah histogram dan poligon frekuensi
d. Susunlah daftar distribusi kumulatif kurang dari dan lebih dari
e. Buatlah ogif positif dan ogif negatif
f. Tentukan mean, median dan modus
g. Tentukan kuartil pertama dan kuartil ke 3
h. Tentukan desil 1, desil 4 dan desil 7
i. Tentukan simpangan rata-rata
j. Tentukan varians, dan deviasi standar/simpangan baku

Sumber belajar : _________________________________________________
_________________________________________________
(diisi dengan sumber belajar yang didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar, serta materi ajar, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi)

Mengetahui Pintu Koto, Juni 2010
Kepala SMAN 1 Kamang Magek Guru Mata Pelajaran Matematika

Willia Zuwerni, S.Pd, M.Si Vivi Febriyanti, S.Pd
NIP : 19711007 199512 2001 NIP : 19760229 200003 2001

About these ads

About vivifebriyantiwordpress

Guru SMA Negeri 1 Kamang Magek
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s